Tuesday, August 28, 2018

Live to Tell



Ok, impian buat belajar tentang kerjaan yang bunyinya kayak position title gw, sepertinya mesti gw lupain untuk sementara. Gw kaga yakin bos gw tau apa yang harus dia lakukan sebagai Kepala Divisi, atau bahkan sebagai people manager. Setelah kerja bareng dia setengah taon lebih, gw belajar banyakkkk hal, kecuali yg gw sebut di atas:

Satu
Ngga usah kekeuh kalo bos beda keyakinan sama loe. Percuma, kalo loe maksa, yang ada dia jadi sebel ama loe, besok-besok dia ogah ngajak loe diskusi lagi. Belom lagi kalo loe udah kekeuh, salah pula! Kelar lah karir loe. Selama keyakinan dia masih bisa ditolerir (meskipun agak bodoh, kurang efektif dan efisien tapi ngga melibatkan pelanggaran hukum atau hak asasi manusia), ya sudah lah… Tuhan tau loe lebih pinter, ngga usah nyari panggung buat tampil.

Dua
On becoming a good people manager: kenalin kemampuan dan kapasitas anak buah. Orang pinter memang cenderung ngeselin. Entah gayanya yang sok tau, sifatnya yang skeptic, suka melawan dan membangkang, ngga sabaran dll. But you know what? Mereka cuma butuh dimengerti dan diperlakukan dengan jujur. Kalo loe merasa insecure dengan sikap mereka2 ini, mungkin… loe belom siap jadi people manager. Atau, loe mungkin Cuma kurang pinter.

Tiga
On becoming a good people manager no. 2: se-limited apa pun kemampuan anak buah, hargain pendapat dan masukan mereka. Kadang mereka ada benernya, mungkin karena mereka udah sangat terbiasa dengan pekerjaan rutin mereka, ada detil yang mereka tau, yang loe ngga aware. Keep open, ngga usah defensive, after all, you’re the boss.

Empat
Segala sesuatu ada logikanya. Kalo bicara soal kerjaan, sepanjang pengalaman dan pengamatan gw, sebesar apa pun suatu kerjaan, pasti di dalemnya ada detil-detil kecil yang sederhana, yang keliatan remeh. Banyak orang-orang, terutama yang superficial, mengabaikan hal-hal kecil remeh ini, karena dia terpaku sama penampilan luar yang wow keren. Padahal… what makes the difference is… the details! Bayangin kalo loe lagi ngebandingin 2 mobil, dari luar penampakan dan bentuknya sama, keren, sporty. Tapi pas masuk dan bandingin fitur, yg 1 bisa lebih lengkap dibanding yg 1 nya lagi. Mahal dikit beli yang mana?

Lima
Jangan loe pikir orang2 yang kerja di kantor itu selalu sibuk sama pekerjaan. Look at me. Udah beberapa minggu belakangan, kebanyakan waktunya cuma buat chatting di WA sama temen.

Enam
Honesty is the best policy. Ini peribahasa udah lama, tapi akan selamanya relevan. Kalo ngga ngerti, jangan pura-pura ngerti. Nanya. Pepatah lama yang lain kan bilang: malu bertanya, sesat di jalan. Ga usah jaim kalo ngga ngerti, ngga ada orang yang maha tau kok. Sadar kalo kita ngga ngerti adalah langkah pertama menuju ngerti, karena waktu kita sadar kita ngga ngerti, kita akan berusaha untuk cari informasi dan belajar supaya ngerti. Ngerti maksud gw kan? Well, anyway, satu lagi tentang honesty, kalo salah, jangan Cuma bisa ngeles. Cari tau kenapa bisa salah. Cari akar permasalahannya. Explain. Trus perbaiki, supaya di masa depan, kesalahannya ngga terjadi lagi. Ini sikap yang langka banget ditemuin di orang-orang yang lagi diaudit, ngga peduli dia cungpret, atau kepala divisi.  

Last but Not Least
Dalam setiap hal, petik pelajarannya. Kadang situasi ngga seperti yang kita harapkan. But hey, it's life. Shit happens and people are often ridiculous. It's ok, karena justru itu lah life lessons kita. Dealing with shit, di tengah-tengah budaya korup, bebal dan ngga jujur. Tapi apakah kita mau ikutan jd korup, bebal & ngawur? Ngutip kata-katanya Agent John Myers di film Hellboy: What makes a man a man? Is it his origins? The way he comes to life? I don't think so. It's the choices he makes. Not how he starts things, but how he decides to end them.

Have a blessed productive day!

No comments:

Post a Comment