Saturday, June 22, 2013

Estranged Freak

Jakarta, on its 486th birthday

So...akhirnya plaza kuningan udah di depan mata. Tinggal seminggu lagi gue bakal pindah ke sana. Sebagai preliminary visit, kemaren gue pergi meeting ke sana, ketemu Bayu (calon bos gue), bukan buat ngebahas kerjaan gue di HR. Gue dateng ke situ masih sebagai duta besar Procurement, yang strukturnya pending di tangan gue.
Pagi-pagi gue udah dibikin disoriented ama salah satu pejabat Procurement kesayangan sang pimpinan (panggil aja si A). Gara-gara dia punya agenda buat nyuruh gue bikin slide tentang project2nya dia yang mau di-present ke baginda CEO hari Selasa minggu depan. Gue langsung manyun, dan bilang kalo gue ntar siang mau pergi ke Plaza Kuningan buat ngebahas struktur. Trus dia langsung pasang muka sok bingung plus heran, sambil nanya, kenapa jadi eloe yg ngerjain struktur ya Wi?
Dan pertanyaan dia spontan bikin gue ikutan bingung plus heran. Iya ya, kenapa gue yg repot banting tulang ngurusin struktur organisasinya Procurement? Tiba-tiba gue ngerasa jadi orang kepo dan sok penting, mentang-mentang bentar lagi bakal pindah ke HR ngurusin hal-hal yang exactly looks and smells like struktur procurement yg lagi gue kerjain. Entah apa intensi si A, yang pasti kalo tadinya dia berniat spy gue bantuin dia bikin slide, dia udah ngambil langkah yang super salah. Alhasil gue jadi hang hong, and kaga berhasil konsen sedikit pun ke slide yang lagi dia dikte-in. Ga lama kemudian, while I'm struggling buat nge-defrag isi kepala gue yg suddenly tumpang tindih, telepon pun berdering, dan suara Amalia orang audit (SKAI) bikin gue makin lemes. Dia ngingetin gue soal audit findings yang perlu di-follow up. Great!
Akhirnya, gue putusin buat nelepon Bayu to cancel the meeting. Krn gue pikir, siapa gue gitu loh? Struktur organisasi harusnya dikerjain ama Procurement Head, or at least seseorang dg level wakadiv. Knp gue? Yang cuma cecurut dan ngga punya kapasitas decision making. Gue kasih alasan gue ke Bayu sambil ketawa2, as if it didn't bother me too much. Tp di luar sangkaan gue, si Bayu kayaknya ngga agree, meskipun dia ngomongnya sih 'terserah'. Trus dia jelasin tujuannya meeting itu sbnrnya buat apa. And it all suddenly make sense. So...meetingnya ngga jadi batal deh.
Taking Mega's advice, gue ajak successor gw ke PlazKun buat nemenin gw meeting.

Sumpah bagusan GSI. Gue heran knp danamon mindahin isi GSI ke gedung dengan toilet imoet2 begitu, meskipun liftnya lebih lega dikit sih...
Pas pintu lift ngebuka di lt. 4, hati rasanya makin galau. Beda bgt ama GSI yg lebih cakep. Again, and again gue ngebandingin urusan ngga penting itu. Maybe it won't bother me that much kalo aja gue kenal baik semua orang-orang yang ada di situ.
Anyway, kita nunggu bentar di sofa deket pak satpam, sebelom akhirnya masuk ke working area. Pas masuk gue udh ngeliat someone yang dari dulu selalu gue anggap a bit irritating. Her name starts with M. We met several times in several cross divisions events, and I don't believe she doesn't recognize me. Yet she acted as if she didn't see me, let alone know who I was. Kegalauan meningkat, dari siaga 1 ke siaga 2. Nyampe dalem, gue ketemu Re dan ngerasa lega sedikit karena pembawaannya yang warm and always familiar. Gue ngeliat sekeliling and felt intimidated by the quietness. Ini orang2 pada belom balik makan siang (hellooo, udah jam 3 gitu bo), atau memang banyak bangku yang kosong?
Re nganterin kita ke bangkunya Bayu (yg juga kosong). Ternyata dia nempatin cubicle khusus, kayak yg ditempatin JW di MBD. Kita pun duduk di situ, nungguin partisipan meeting lainnya.

Buat yang kesekian kalinya, gue ngeliat-liat lagi ke sekeliling, and still didn't feel good. I felt estranged. belom apa-apa gue udah homesick. Gue kangen MBD, dan suasananya yang kayak pasar di area Procurement. Gosh!

You know, waktu gue akhirnya masuk jadi pegawai di MBD lebih dari 6 taon yang lalu, gue banggaaaaaa banget bisa kerja di gedung sekeren itu. Di sebelahnya hotel JW Marriott yang super cool, deket hotel Ritz Carlton yang bahkan lebih cool lagi. Sebulan (atau bahkan lebih) setelah mulai kerja, gue masih mimpiin gedung MBD yang indah itu, di tengah gedung-gedung pencakar langit laen yang tetanggaan sama dia. Glowing under the night stars...
dan penghuni lantai 6 yang begitu terasa familar, bikin suasana MBD makin pas di hati. I told myself I think I can work here forever.
Tapi ternyata cerita berubah dan gue sampe di satu titik di mana gue struggling abis-abisan untuk keluar dari MBD tanpa ada 1 orang pun yang berhasil menggoyang tekad gue yang udah bulet.

About a month ago, Plaza Kuningan terasa jauhhhh banget. As if it only exist in my dream. I didn't care if the building wasn't as good as MBD. But now, I know I will miss my beloved MBD, at least for a while... I also realize that,
There's something about MBD that kept me there for more than six years...
There's something about the building, how it's situated at one of few favorite spots in Jakarta
And there's something about JW's aura that fills the environment with joy and spirit...

So after numerous trials of leaving, I finally managed to move.
And here I am, facing my old enemy, who hates changes as much as a cat hates water.

No comments:

Post a Comment