Wednesday, January 27, 2010

Political Thoughts

Speaking of politics... Hmm... susah dah kalo udah urusan yang beginian. The big W is for Why? Kenapa... Kenapa rasanya sebel waktu ngeliat orang laen naek pangkat? Kenapa rasanya ngga ada orang yang cocok buat naek pangkat? Bahkan gue juga ngga cocok. Ya iya lah, secara gue emang blom yakin gue niat ditaro di bawah lampu sorot, di panggung di mana gue masih ngerasa saltum alias salah kostum. Dan satu lagi, kenapa waktu pada akhirnya ada orang yang pantes, naek pangkat di depan mata gue, gue tetep aja ngga hepi dan awan mendung langsung ngumpul di atas kepala gue, lengkap sama petir n air hujannya. Pasti perasaan-perasaan sejenis tercampak, minder, kecewa, ngga puas, down, dkk pada nongol ngerubutin gue sampe rasanya sesak napas.

Well, dari 3 pertanyaan di atas, cuma satu sih yang mau g bahas. Yang lain cukup buat jadi bahan renungan aja. Buat pertanyaan nomor 1, kenapa sebel ngeliat org laen naek pangkat? Dia kan sebenernya ngga terlalu pinter. Hah? Dia? Kerjaannya kan ga penting banget! Emang dia udah berapa lama sih kerja di sini? Pasti si bos demen deh ama dia. Ya iya lahhh... secara dia pinter banget CM nya (Cari Muka-red). Analisa pun berlanjut. Kalo dipikir-pikir, emang bener kalo sukses itu didapet bukan sama yang paling pinter, tapi sama yang paling pengen. Meskipun g sering kebawa arus ikut-ikutan jadi Judge Bao, yang menilai orang laen dari kaca mata gue yang subjektif, kadang2 teringat juga sama gue hal-hal positif dari mereka yang g vonis ‘guilty as charged’. Paling enak kalo ngobrol ama temen yang bisa meng-‘amin’ kan semua omongan gue bo. Salah jadi bener, bener jadi salah, ngga ada yang tau. But on the other hand I realize, it’s their right you know, to want to look good before the bos, to aim for career movement, to establish a good reputation throughout the company, to play along in the political strategies required to promote them to higher positions, to wider influence. Gue rasa ngga adil juga kalo mau nge-judge mereka merely as suckers. Selama, apa yang mereka kerjakan, bisa bawa perubahan, yang baik tentunya. Mungkin gue kebetulan belom pernah punya kesempetan buat ngerasain servis mereka yang ok banget. Betapa hidup terasa lebih mudah dengan adanya mereka. Semua urusan beres n I don’t have to worry about a thing.

Anyway, karena gue ngga mau nyerocos ampe besok, intinya sih, buat yang sungguh2 berkarya dan pengen maju ke posisi-posisi atas, do go ahead n don’t mind our cynical and envious thoughts. Believe me, you don’t want to please everybody. But to those who think they can get away with the good reputation and excellent remuneration package without even care to make one damn good change through their works, watch your step, it might be slippery up there. And when u stumble, it’s just gonna be sooo far down...

1 comment:

  1. remember the slogan "susah liat orang senang, senang liat orang susah" ?
    bener bgt kann?!
    that's why in 7 habits they teach us to have the mentality of abundance. hehehe..

    ReplyDelete