Sunday, April 1, 2018

Beatus Pascha


Akhirnya kelar juga rangkaian pekan suci yang gue nanti-nantikan. Mulai dari Kamis Putih, Jum’at Agung sampe Vigili Paskah. As usual, it was joyful. Meskipun badan serasa remek karena tiap kali mesti duduk di bangku kayu 1.5 – 2 jam sebelum misa dimulai, plus ngikutin misanya yg makan waktu sekitar 2 – 2.5 jam. 

Tapi gue happy, dan sedih waktu akhirnya semua rampung. Meskipun pekan suci kali ini ngga ada satu pun misa yg gue ikutin dipimpin Rogan, tapi pas Jum’at Agung dia nongol sekitar 40 menit sebelum misa mulai. Gue dah seneng aja karena gue kirain dia yang bakal mimpin misa bareng konselebran laennya. Taunya… dia Cuma mau ngasih wejangan panjang kali lebar, gegara ngga tahan kayaknya ngeliat umat yang duduk nunggu misa sambil : ngobrol and main game di HP. Sampe baju pun akhirnya ikut dikomentarin ama doi. Yang menurut gue rada ngga perlu. Gue selalu berpikir, yang penting isi hati orang. Kalo dia dateng misa dengan baju ala kadarnya tapi memang ada kerinduan buat ibadah, so what? Yeah well, I know Jum’at Agung itu ibadat raya yang kalo di Katolik lebih meriah dari Natal. Tapi mungkin, di antara puluhan ribu umat yg hari itu dateng misa, ada segelintir orang yang dateng dengan ‘peperangan’ mereka yang beda sama mainstream… Entahlah. Anyway, jadi tau betapa tegasnya si romo kalo udah nyangkut urusan liturgi. Somehow gue sempet ngerasa kayak anak SD yang lagi dimarahin sama Pak Guru karena ketauan ngga tertib di kelas ;p.

Pekan suci tahun ini gue kebagian dengerin koor yang indah. Jumat Agung & Vigili Paskah yang tugas DA choir. They sounded like real angels. Kadang jadi sentimental liat mereka. Udah ngga ada lagi angkatan lama yang gue kenal. Samasekali. So I started counting years. And to my surprise, it has been at least 11 years ago since my last service in that choir. God… time indeed flew before I knew it. And I kinda miss it.

Dan besok kembali lagi ke rutinitas ngantor, di mana gue bahkan belum lewat masa probation. Dan udah ngerasa agak jenuh… karena ngga punya temen hangout. Karena bos gue kadang clueless dan suka ngecap, yang bikin gue ngerasa jadi ngga yakin ama arahan doi. Tapi dia masih nyambung  sih dibanding si Cebol yang damaged beyond repair di bank tua itu.

Oiya… kemaren abis misa kan makan bareng Bibik & Babhiek’s fam (including mertuanya). Trus gue nanya soal VV. Mereka tuh masih ada apa udah bubar? Ternyata eh ternyata… sejak akhir taon kemaren mereka “resign” dari paroki KRST n PLKP, gara2 ada konflik sama dewan. Yang gue tangkep sih, ada 2 point yang paling crucial: ttg tempat latihan mereka yang no longer available di PLKP karena ruangannya mau dipake buat jadi semacem museum, dan lemari partitur dikeluarin ngga pake permisi. Trus ada lagi masalah konsernya VV di PLKP yang nyanyiin lagu-lagu daerah doank, yang akhirnya menuai kecaman dari dewan paroki, including si Rogan. Akhirnya, VV nya ngambek, ngga mau lagi pelayanan di dua paroki itu. Mereka konon pindah ngelayanin di paroki tetangga. Ya ampun... ternyata di gereja aja konfliknya rame ya cuy. Yang tadinya mikir kalo romo-romo itu tugasnya penuh hal-hal yang suci and dramatis such as combating Satan and his disciples, hahahaha… ternyata beda-beda tipis ama keseharian gue, yang harus deal with short minded, selfish and jaka sembung people. Berjuang supaya konsep yang bener ngga belok ngalor ngidul, biar kerjaan pada beres seperti yang seharusnya. Berjuang nyampein belief gue ke orang-orang yang frekuensi otaknya either sedikit melenceng atau ngga sinkron sama sekali, sambil tetep berusaha jaga hubungan baik. Karena meskipun gue bukan romo, tetep ngga enak rasanya kalo sampe harus nyakitin hati seseorang dan bikin hubungan jadi rusak, secara gue harus ngabisin hari-hari gue di tempat itu sama mereka. Kerja bareng, nyari makan yg halal bareng.
Ternyata bener, perutusan pengikut Tuhan itu more or less sama. Cuma beda di kemasan aja. Same shit different job. Hehe…

Yeah well… begitulah insight dari pengalaman pekan suci tahun ini. Semoga alunan merdu litani orang kudus dan percikan air suci di vigili paskah bisa terus tinggal di hati gue sebagai inspirasi, dan, seperti homili romo kemaren, senantiasa membawa gue kembali ke Galilea, to the place where I first fell in love thus decided to follow Him...

Beatus Pascha.


No comments:

Post a Comment